Selasa, 21 November 2017

DIARY DALAM PEMBUATAN APLIKASI UNTUK USIA DIBAWAH 8 TAHUN


    Pada Kesempatan kali saya akan membagikan cerita yang mengandung pengalaman untuk mebuat aplikasi game yang mendidik untuk usia dibawah 8 tahun. Pembuatan aplikasi ini adalah tugas mata kuliah dari pengantar teknologi internet dan new media(SoftSkill).
           
               Dalam pembuatan aplikasi ini saya tidak membuat sendiri, tetapi kami harus membentuk suatu kelompok yang berjumlah 7 orang. Kelompok kami membuat aplikasi game yang bertema adventure yang mendidik. Maksud dari adventure adalah disini kami membuat sebuah  karakter yang bertujuan untuk menyelesaikan soal soal SD dari kelas 1-3 yang penuh rintangan, kami memilih 5 pelajaran yakni B.Indonesia, Matematika, IPS, IPA dan B.Inggris. Kami membuat aplikasi ini memakai RPG(Role-playing game).
           
              Kelompok kami membuat bagian untuk cara mengerjakannya, ada yang mengusulkan ide ide tapi membantu ke semua, ada bagian desain, ada bagian ngoding, ada bagian music. Okeey, dalam membuat aplikasi ini, saya mendapat bagian ngoding. Awalnya saya kesulitan karena baru pertama kali membuat aplikasi game yang memakai RPG. Oh ya, RPG  Maker MV ini menggunakan java script terkenal, yang berkombinasi dengan HTML 5 ekspor. Awalnya saya sangat kesulitan membuat aplikasi game yang menggunakan RPG Maker MV, dan akhirnya saya mengikuti tutorial-tutorial yang ada di youtube. Lalu saya membuatnya yang saya bisa, walaupun aplikasi game nya belum benar benar jadi.

            Inilah pengalaman saya yang alami saat membuat aplikasi game menggunakan RPG Maker dan ini juga menjadi pelajaran untuk saya. Semoga pengalaman yang saya berikan semoga sangat bermanfaat untuk kalian yang membaca pengalaman saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar